Tuesday, October 18, 2011

The 4C's of Leadership

Leadership is like diamond in many ways. 
It's priceless. It's hard to find. It takes great effort to shape it. 
And most of all, a great leader make the whole organization shines, 
just like what a diamond does to the whole package of jewelry.
~ Han "Tiger" Budiyono ~



Kepemimpinan.

Ini adalah satu kata yang menjadi tema sentral berhasil (atau gagalnya) organisasi apa pun, termasuk bisnis Anda.

Lupakan dulu tentang teknologi produk. Itu bisa dibeli. Jangan dulu bicara tentang kecanggihan ilmu pemasaran dan kecantikan kemasan. Hal tersebut mudah ditiru. Apalagi jika hanya mengandalkan harga murah dan hubungan semu dengan pelanggan, jangan harap bisnis Anda bisa tetap eksis untuk waktu yang lama.

Bentuklah kepemimpinan dalam bisnis Anda, maka Anda membangun a profitable and sustainable business.

Ada satu orang bijak yang pernah mengajar saya bahwa membentuk pemimpin adalah tanggung jawab seorang pemimpin. Creating leaders is the job-description of a leader. Karena kecuali sang pemimpin menyiapkan regenerasi, pertumbuhan perusahaan akan berhenti di tangannya, dan bisnis hanya akan mampu melaju sejauh isi kepalanya saja.

Nah, bagi Anda penggemar diamond, Anda pasti hafal betul dengan istilah-istilah Cut, Color, Carat dan Clarity, atau lazim disingkat sebagai 4C. Ya, 4C adalah patokan alias parameter pengukuran sebutir berlian, untuk menentukan, apakah berlian tersebut bernilai $ 100 atau $ 100,000,000.

Rupanya, 4C adalah satu lagi kesamaan antara diamond dengan leadership. Kualitas kepemimpinan pun dapat diukur menggunakan 4C, yang terdiri dari Competency, Care, Commitment, dan Consistency.

1. Competency
Ini adalah ukuran pertama dan mendasar seorang pemimpin. Bukan berarti sang pemimpin harus memiliki kemampuan super dan mampu menyelesaikan semuanya seorang diri (dan pemimpin tipe ini justru akan menjadi kontra-produktif), namun dia wajib memiliki kemampuan dasar yang dibutuhkan untuk getting things done. Tanpa kompetensi yang cukup, seorang pemimpin akan sulit meraih respect dari anak buahnya. You need to lead by example and walk your talk. Otherwise people will only obey you because of your position, not because they're inspired.

2. Care (for People)
A great leader loves to work with people. Period.
Syarat mutlak seorang pemimpin sejati adalah kecintaan bekerja dengan manusia dan ambisi yang senantiasa menyala untuk membangun sosok yang dipimpinnya menjadi pribadi yang lebih berkualitas. Pemimpin yang hanya mampu mengelola benda mati (angka, mesin, dsb) bukan lah buruk, tapi dia tidak akan bertransformasi menjadi great leader, melainkan hanya akan menjadi sebatas great manager.

3. Commitment
Ini lah faktor yang membedakan berlian dengan batu plastik bersinar. Satu orang dengan commitment lebih berharga dari seribu orang dengan interest. Sangat mudah untuk menyatakan ingin maju, ingin sukses, ingin kaya. Tapi hanya satu perseribu yang benar-benar mau membayar harga untuk maju, sukses, dan kaya. Itulah mengapa banyak orang bermimpi dan hanya segelintir yang mampu mewujudkan impiannya.
Saya mendefinisikan "commitment" sebagai sebuah sikap mental yang mau memberikan 100% (bukan 99% atau kurang) sampai meraih sukses (bukan sampai "lelah", bukan sampai "bosan", tapi sampai berhasil).

4. Consistency
C yang terakhir ini adalah penentu apakah sang leader mampu membawa organisasi yang dipimpinnya melewati berbagai jenis tantangan jaman. Orang payah akan lesu setiap saat. Orang biasa (menengah) sempat semangat berkobar-kobar tapi mudah padam dalam waktu singkat. Pemimpin sejati mampu mempertahankan optimisme dan sikap positifnya setiap saat di berbagai kondisi yang ada. Kepemimpinan bisa digambarkan sebagai lomba marathon. Hanya mereka yang memiliki durability yang akan menyelesaikan keseluruhan 42 km. Dan banyak pelari "amatiran" yang segera melesat di depan di awal-awal lomba, namun kelenger dan mundur tak lama setelah lomba berlangsung.

So, bagaimana skor kepemimpinan diri Anda?
Sudahkah Anda membentuk bisnis Anda sebagai ladang kepemimpinan?
Berapa banyak tenaga dan waktu yang sudah Anda curahkan untuk pengembangan kualitas SDM di perusahaan Anda?

Jawaban Anda akan tiga pertanyaan di atas akan significantly menenentukan masa depan perusahaan Anda.

Have a great business!
HB.

No comments:

Post a Comment