Friday, September 16, 2011

"Cool? Make it cooler.
Fast? Make it faster."
Steve Jobs

Steve Jobs (atau sekarang namanya menjadi "Steve Jobless") pensiun sebagai CEO Apple Inc.dengan  menempatkan perusahaan tersebut sebagai yang terbesar ke-2 di seluruh dunia. Hanya perusahaan minyak Exxon yang melampaui ukuran Apple saat ini.

Dan prestasi tersebut dilakukan dengan sangat cantik, disertai banyak filosofi dan keputusan bisnis yang nyeleneh di luar kebiasaan banyak pebisnis yang lain. Alhasil, Apple Inc. bukan hanya "menciptakan" produk-produk, namun jauh di atas itu, mereka mentransformasi pasar dan industri secara keseluruhan.

Salah satu "kebiasaan" Steve Jobs adalah melakukan kanibal terhadap produknya sendiri. Mereka terus menerus menciptakan inovasi baru yang membunuh inovasi sebelumnya. For the record, produk yang "dimakan" tersebut seringkali juga adalah sebuah mega-hit, produk yang sangat sukses di pasaran.

Anda pasti masih ingat, ketika Ipod sedang merajai pasar pemutar musik dunia dengan worldwide market-share lebih dari 65%, dengan entengnya mereka meluncurkan IPhone. IPod dikerdilkan dengan hanya menjadi sebuah ikon kecil di sudut kiri bawah layar IPhone. Pangsa pasar Ipod, meskipun tidak habis total, tergerus secara signifikan oleh "adik"nya sendiri.

Isn't that interesting??

Nah, sekarang mari kita bahas bisnis Anda.

Seberapa sering kita justru terjebak dalam kesuksesan masa lalu kita. Salah seorang teman baik dan mentor saya Keith Cunningham pernah menegaskan bahwa "Success breeds complacency." Kesuksesan seringkali melahirkan kekakuan berpikir dan ketakutan kehilangan, yang akhirnya menuntun kita kepada stagnansi.

Coba simak pandangan mahaguru dan pelatih bisnis/eksekutif terbaik di dunia tentang persoalan ini:

"What gets you here won't get you there." - Marshal Goldsmith

"The enemy of a great business is a good business." - Jim Collins

"Business is either growing - or dying. There can be never a stagnant situation." - Brad Sugars

PR (home-fun) buat Anda: 

Tuliskan segera 10 kesuksesan masa lalu (baik produk, metode, mau pun strategi) yang pernah menghasilkan banyak uang buat Anda, namun tanpa disadari,  telah kadaluwarsa untuk saat ini.

Have a fun weekend!
HB.


1 comment:

  1. Ikut nyimak gan....
    Komen balik yah,...

    Salam
    http://nurrohmattriatmojo.blogspot.com/

    ReplyDelete